Sabtu, 13 April 2013

Pesta Danau Toba

            Hai guys, kali ini kita membicarakan tentang sebuah pesta tahunan yang berada di Provinsi Sumatera Utara , Indonesia.
Mendengar provinsi Sumatera Utara tentu identik dengan kota Medan dan Danau terbesar di ASEAN yaitu Danau Toba sehingga pesta tahunan itu dinamakan Pesta Danau Toba yang diselenggarakan di Kota Parapat, Kabupaten Simalungun. Pesta Danau Toba merupakan kegiatan wisata budaya tahunan yang berbasis masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya lokal serta menggerakkan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat melalui kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif dan biasanya peralaksaannya lebih dari 1 hari.


           Sebenarnya acara Pesta Danau Toba ini sudah cukup banyak mengalami kendala, karena rencana awalnya akan diselenggarakan pada bulan Juli 2012. Kendala terbesar dalam penyelenggaraan acara ini adalah dana, karena dana Pesta Danau Toba ini tidak ditampung dalam anggaran APBD Sumatera Utara, maka jadwal diubah kembali. Hal ini tentu sangat mengecewakan dimana Pemprovsu seakan-akan tidak serius untuk mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu tujuan wisata. Namun pada akhirnya pesta ini dapat terlaksana juga pada tanggal 28-31 desember 2012.


Kutipan percakapan yang dilakukan oleh Tim Kompas (Sabtu, 22/12/2012) dengan Bapak Jan Waner Saragih selaku Ketua Panitia Pesta Danau Toba 2012  di kota Parapat mengatakan bahwa seluruh sarana dan prasarana pendukung kegiatan Pesta Danau Toba 2012 sudah disiapkan secara matang.
Ia juga menjelaskan bahwa Pesta Danau Toba 2012 akan disemarakkan berbagai kegiatan, antara lain  festival tor-tor, festival gondang, pameran pariwisata, lomba suling, parade kapal hias, pesta budaya, pertandingan olah raga, penyalaan obor Pesta Danau Toba, acara hiburan, dll.

Kegiatan lain yang tidak kalah menariknya, yaitu pemajangan pohon natal raksasa setinggi 30 meter lebih di perairan Danau Toba.

Untuk menyukseskan pelaksanaan Pesta Danau Toba 2012 ini, Pemkab Simalungun juga menjalin kerja sama dengan seluruh Pemkab di sekitar kawasan Danau Toba. Adapun daerah yang akan ikut menyemarakkan Pesta Danau Toba 2012 antara lain Kab. Samosir, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Toba Samosir, Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Dairi, Kab. Tanah Karo, dan Kab. Padang Lawas.

Dalam upaya menjadikan agar Pesta Danau Toba benar-benar tercantum dalam agenda parawisata nasional, maka Pemkab Simalungun telah menjalin kerjasama dengan Kabupaten Badung, Bali. Beberapa bulan terakhir sebelum terselenggaranya acara ini para panitia juga telah melakukan promosi ke sejumlah provinsi di Indonesia dan negara-negara ASEAN.
Adapun rincian kegiatan dalam acara ini adalah pertama-tama akan diadakan arak-arakan 20 becak motor khas Siantar, 20 bikers, dan 1 mobil untuk membawa obor Pesta Danau Toba. Arak-arakan ini dimulai tanggal 27 Desember 2012 dari Pematang Siantar menuju Pematang Raya. Pada Tanggal 28 Desember 2012 pagi, arak-arakan ini akan berangkat menuju Parapat pusat penyelenggaraan acara.



             Panggung yang dibangun untuk acara ini ada dua, satu di Pantai Bebas Parapat dan satu lagi di Open Stage (Pagoda) Parapat yang keduanya berada di sisi Danau Toba. Pembukaan acara ini ditandai dengan pemukulan Gondang khas Tapanuli oleh bapak Gatot Pujo Nugroho selaku Gubernur Sumatera Utara. Pada hari Selasa (31 Des 2012) acara ditutup dengan kata sambutan dari Bupati Simalungun dan Bupati Samosir.
Penyerahan obor Pesta Danau Toba oleh Bupati Simalungun kepada Bupati Samosir menandakan bahwa kabupaten Samosir menjadi tuan rumah untuk tahun 2013. Obor ini menjadi simbol api semangat bagi seluruh kawasan Danau Toba untuk melestarikan Danau Toba agar nantinya Danau Toba dapat kembali menjadi ikon pariwisata Sumatera Utara.
Acara pembukaan dan penutupan ini dilakukan di Pantai Bebas Parapat.




Sumber : http://parapat-news.blogspot.com
              http://www.gobatak.com
              http://www.antarabengkulu.com


1 komentar :

  1. ulli reviewnya kurang lengkap.
    ada beberapa unsur yang seharusnya disebutkan tidak terdapat didalamnya

    BalasHapus