Sabtu, 20 April 2013

ITB-Berlin 2013

                                      

             Sebagai insan dan mahasiswi yang bergerak dalam bidang Pariwisata, sekarang saya mau ngasih tau tentang salah satu event besar yg berhubungan dengan Pariwisata. Yap, that's ITB Berlin (International Tourism Bourse) yang berlangsung di Berlin tanggal 6-10 Maret. Kebanggaan tersendiri nulis postingan ini karena Indonesia kembali ambil bagian dalam pameran pariwisata tahunan terbesar di dunia ini.

         ITB Berlin merupakan pameran wisata terbesar yang sangat bermakna karena pada acara itu akan diumumkan penghargaan di bidang pariwisata, antara lain Best Exhibitor Awards, Go Asia untuk hotel, penerbangan, destinasi, board, tour operator, perjalanan inovatif yang menjual tujuan wisata Asia.
Selain penghargaan Diamond Award untuk film wisata, di ITB cinema dan Toura D'or untuk kontes film internasional mengenai wisata yang berkelanjutan atau sustainable tourism.
Dalam pameran yang diikuti lebih dari 10.000 peserta dari 180 negara dan dikunjungi lebih dari 180.000 pengunjung itu, Indonesia mengirimkan 63 industri pariwisata, ujar Agus Priono, Sekretaris I Sosbud dan Promosi PPI KBRI Berlin pada koresponden ANTARA London.

       Menurut Agus, delegasi Indonesia dipimpin oleh Menbudpar Jero Wacik dan diikuti lebih dari 63 industri perhotelan dan agen perjalanan serta tujuh Pemda seperti Bali, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Kaltim, Jayapura, dan Raja Ampat.



            Paviliun Indonesia akan dibuka secara resmi oleh Menbudpar dan dilanjutkan dengan jumpa pers serta wawancara dengan beberapa media Jerman, antara lain the Asia Pacific Times dan majalah Focus.Radio Deutschland melakukan promosi siaran langsung untuk meliput kegiatan di Paviliun Indonesia.

Menbudpar dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Jurgen Klimke, anggota parlemen Komisi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan serta anggota Komisi Pariwisata Bundestag.Pada kesempatan itu juga akan digelar industrial gathering dengan penyampaian penghargaan kepada 10 top "Buyer Selling Bali".
     Penyelenggaraan ITB tahun ini merupakan pameran yang mempunyai arti khusus karena majalah Senses menganugerahkan International Wellness Award kepada Indonesia sebagai "tujuan wisata spa terbaik di dunia".
Penampilan Paviliun Indonesia yang bertema Marine and MICE dimeriahkan dengan pertunjukan tari-tarian nusantara dan demonstrasi keterampilan Pengrajin Kulit Kayu Sentani.  
       Untuk memaksimalkan keikusertaan dalam ITB, Indonesia juga akan memanfaatkan kesempatan melakukan promosi produk unggulan Indonesia yaitu kopi dan kacang sebagai makanan ringan.
       Dalam acara ini Indonesia berhasil menjadi negara Asia Tenggara pertama sebagai 'Official Partner Country' harusnya Indonesia baru menjadi partner country belasan tahun mendatang, tapi tahun ini Indonesia punya kesempatan. Jerman juga enggak akan sembarangan kasih kesempatan, karena kita sahabat Jerman dan potensi kita juga bagus, jadi ada kesempatan.

     Kabar gembira lainnya adalah Paviliun Indonesia terpilih sebagai Paviliun terbaik kedua se-Asia Pasifik dengan mengusung tema "Heart Matter" dan menggabungkan komponen Hati, Bumi, dan Seni lalu ketiga komponen tersebut diwujudkan dalam desain Paviliun berupa Kapal Phinisi yang legendaris. Dimana Kapal Phinisi ini dipilih untuk mempromosikan berbagai harta karun yang dimiliki Indonesia baik dipermukaan maupun dibawah laut.



           Sebagai partner country atau negara mitra, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sambutan dalam acara pembukaan yang dihadiri sekira 4.500 tamu. Didalam kata sambutannya Pak Presiden menjelaskan Paviliun Indonesia dengan nomor 26A dan luas 542 meter persegi itu mengangkat tema "Wonderful Indonesia". Dalam pidatonya Pak presiden juga mempromosikan Raja Ampat, Taman Nasional Komodo dan Rendang.

    
            Puas dengan berbagai atraksi wisata alam dan buatan, kali ini kita akan membahas mengenai kuliner. Karena Indonesia juga memiliki aneka kuliner yang beragam dengan kelezatan yang tidak diragukan lagi. Bahkan Presiden AS Barack Obama pun menyukai kuliner khas Indonesia yaitu Bakso dan Nasi Goreng.
Nah kembali ke acara ITB Berlin, dalam acara pebukaan Indonesia akan menyajikan 10 kuliner ternama Nusantara diantaranya Rendang, Sate Madura, Nasi Tumpeng, Soto Lamongan, Nagasari dan Kue Lumpur.
Kesepuluhnya akan menjadi "penggoda" awal dari total 30 sajian kuliner Indonesia yang siap disajikan di ajang ITB Berlin.

 





Official Partner Country


Main Partner



Sponsors and Partners of ITB Berlin Convention







Partner and Sponsors of ITB Berlin




adcloud - Partner of the ITB eTravel World













Food and Travel - Partner of the ITB Berlin








lonely planet traveller - Partner of the ITB Berlin



























Media Partner




















ITB Buyers Circle
















  
            





Tidak ada komentar :

Posting Komentar